Breaking News
Loading...
Thursday 10 January 2013

ALASAN KITA HARUS MEMBUAT SEBUAH BLOG

12:44
Mojo BlogMOJO BLOG. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai blog baru kita, saya akan memaparkan beberapa alasan penting yang harus diperkuat sebelum kita membuat atau membangun sebuah blog. Coba kita renungkan sebentar, apa sebenarnya yang kita inginkan dari pembuatan sebuah blog ini, mengapa kita menginginkannya dan seberapa kuat keinginan yang kita miliki tersebut. Meski saya tidak tahu apakah anda membuat blog untuk alasan pribadi atau membuat blog untuk alasan bisnis tetapi saya yakin anda berhak menentukan yang terbaik untuk blog anda.

Apakah anda membuat blog hanya sekedar iseng semata?
Jika anda berniat membuat blog hanya karena iseng, ikut-ikutan dan tidak memahami benar manfaat yang akan anda dapat melalui blog anda nanti saya sarankan sebaiknya anda tidak perlu melanjutkan keinginan anda untuk membuat blog. Kenapa demikian? Kalian pasti tahu bahwa sekarang ini sudah banyak sekali blog sampah di internet yang hanya akan mempersulit pengguna internet untuk menemukan informasi yang dicari. Blog sampah yang saya maksud disini adalah blog yang tidak dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan kriteria dan keinginan pengunjung yang hanya berusaha menarik pengunjung bahkan menjebak pengunjung untuk datang ke situs/blog tersebut demi tujuan tertentu. Ini demi kebahagiaan kita sendiri (egois), jika kalian ingin membuat blog maka yakinkan dahulu apa sebenarnya tujuan anda membuat sebuah blog dan itu akan mengurangi resiko blog yang akan kita buat menjadi blog sampah yang tidak akan diperhitungkan sama sekali.

Apakah anda ingin membuat blog karena hanya ingin berbagi wawasan saja?
Berbagi adalah hal positif yang sangat diapresiasi oleh semua orang apalagi jika hal itu berkaitan dengan wawasan dan pengetahuan, jika anda ingin berbagi ilmu dan wawasan kalian dengan membuat sebuah blog itu bagus dan saya sangat mendukung hal tersebut. Tetapi, ada beberapa catatan penting yang harus kalian perhitungkan dengan matang yaitu:
  1. Sajikan lah informasi yang bermanfaat bagi semua orang yaitu informasi yang dapat diuji kebenarannya dan tidak diragukan lagi. Dengan menyajikan informasi demikian, ini akan membentuk citra dan kepercayaan pengunjung terhadap anda dan blog anda tentunya. 
  2. Sajikan lah keterangan tambahan yang relefan dengan informasi yang anda bagikan. Jika anda mengutip pernyataan seseorang cantumkan lah hal tersebut, hal itu tentunya akan mengurangi kemungkinan blog kita menyajikan informasi yang menyesatkan. 
  3. Berikanlah informasi sesuai dengan pandangan anda sendiri. Hal ini akan menentukan orisinalitas sebuah bacaan di dalam sebuah blog. 
Apakah anda ingin membuat blog hanya untuk sarana hiburan saja?
Jika anda ingin menyajikan sesuatu yang berkaitan dengan entertaint maka hal itu sangat baik, dalam hal ini saya setuju jika anda memutuskan untuk membuat sebuah blog. Dengan menyajikan sarana hiburan yang berkualitas, pasti blog anda akan menjadi kesayangan bagi pengunjung yang membutuhkan hiburan yang anda sajikan, dengan demikian kebanggaan akan ada di tangan anda.

Apakah anda ingin membuat blog untuk catatan pribadi kehidupan anda?
Jika pertanyaan diatas anda jawab dengan kata “ya” saya menganjurkan anda untuk memikirkan ulang alasan anda tersebut. Mungkin dengan beberapa pertanyaan yang saya ajukan dibawah ini anda akan dapat menemukan pemahaman berbeda.
  1. Apakah anda pikir orang lain akan tertarik dengan kehidupan pribadi anda sehingga mereka akan membaca catatan harian yang berbentuk blog ini? Ingatlah bahwa saya tidak akan tertarik dengan kehidupan pribadi anda jika saya tidak mengenal anda! 
  2. Apakah pengalaman pribadi anda itu berguna bagi saya? Sudah pasti saya tidak akan tertarik dengan isi blog anda yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan diri saya baik itu pekerjaan, hobi, minat dan lainnya. 
Dengan dua pertanyaan diatas saya hanya ingin mengatakan bahwa anda dapat membuat blog pribadi yang berisi tentang kehidupan anda sendiri jika anda merasa bahwa diri anda adalah orang yang terkenal, diperhitungkan dan berpengaruh. Jika anda seorang artis tentunya ada banyak orang yang tertarik dengan kehidupan anda dan sudah jelas mereka ingin tahu dan kemungkinan besar akan membaca isi blog anda tersebut. Namun jika anda bukan siapa-siapa sebaiknya urungkan niat anda untuk membuat blog yang pribadi tersebut.

Dari beberapa ulasan diatas saya akan menekankan bahwa sebenarnya siapa saja dapat dengan mudah membuat blog meskipun dengan informasi yang sama sekali tidak dibutuhkan orang sekalipun. Tetapi saya yakin anda tidak akan mau mengerjakan sesuatu yang sia-sia dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Anda pasti tidak ingin memiliki sebuah blog tanpa pembaca bukan?

Terlepas dari semua itu, jika anda tetap ingin memiliki sebuah blog saya menyarankan perkuatlah niat dan alasan anda tersebut sebelum membuat sebuah blog. Niat anda akan memberikan kekuatan untuk membuat dan mengelola sebuah blog sedangkan alasan anda akan menuntun dan memberi pencerahan pada setiap langkah yang anda lakukan untuk blog anda tersebut. 

Sumber tulisan : http://panduan-blog-berkualitas.blogspot.com/2013/02/mengapa-kita-harus-membuat-blog.html

0 komentar:

Post a Comment

==> Berkomentarlah secara santun dan tidak OOT
==> Jangan meletakkan link aktif ataupun spam
==> Komentar jangan mengandung unsur SARA atau pornografi
==> Jangan promosi produk atau menggunakan modus Anonim

 
Toggle Footer