Breaking News
Loading...
Saturday, 18 April 2015

Backlink builder versi Majalah Blog

Majalah Blog backlink bannerMajalah Blog pada tulisan ini akan mencoba bertutur tentang Backlink builder versi Majalah Blog atau menurut pengamatan aku sendiri sebagai admin Majalah Blog. Backlink builder ini dapat kita terjemahkan sebagai membangun backlink yang tentu saja dalam hal ini untuk kepentingan eksistensi sebuah blog dalam percaturan di kancah mesin pencari atau search engine semacam Google, Yahoo dan Bing. Tulisan ini semata-mata hanya dalam rangka berbagi hasil pengamatan dan sama sekali tidak bermaksud menggurui para jawara-jawara blogger yang lain.

Sebagaimana kita ketahui, backlink adalah merupakan hasil optimasi SEO OffPage dari sebuah blog yang tentu saja berupa sebuah "link balik" yang langsung menuju ke halaman utama blog atau halaman postingan blog. Backlink yang baik adalah berupa sebuah "one way backlink", artinya sebuah blog mendapatkan inbound link tanpa harus memberikan link kepada si pemberi inbound link tersebut. Singkatnya blog tersebut mendapatkan backlink secara cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan yang namanya "outbound link" atau link kepada si pemberi backlink. One way backlink ini dapat kita peroleh dari pola-pola meninggalkan komentar pada sebuah artikel yang ada dalam sebuah blog. Atau bisa juga diperoleh dari sebuah link yang terdapat dalam konten (artikel) blog milik orang lain.

Sebuah mesin pencari semacam Google search engine misalnya, akan memperhitungkan isi (konten) dari sebuah situs untuk menentukan kualitas dari sebuah link. Ketika inbound link ke situs anda berasal dari sebuah situs lain dan situs tersebut memiliki konten yang berhubungan dengan situs anda, maka inbound link ini akan dianggap lebih relevan dengan situs anda, dan otomatis inbound link ini akan dianggap berkualitas. Jika inbound link yang ditemukan ada pada sebuah situs dengan konten yang tidak terkait dengan konten situs anda, maka mereka (inbound link tersebut) akan dianggap kurang relevan. Semakin tinggi nilai relevansi sebuah inbound link, maka akan semakin besar kualitas inbound link tersebut.
Kembali kepada masalah Backlink Builder, proses ini dapat pula kita lakukan dengan membuat beberapa dummy-blog yang bertujuan untuk menanamkan sejumlah backlink menuju ke halaman blog utama. Namun pemakaian cara ini bukannya tanpa resiko, dan oleh karenanya harus dilakukan secara hati-hati dan jangan terlalu banyak melakukan proses penanaman backlink karena pasti akan terdeteksi sebagai praktek spam oleh mesin pencari yang saat ini telah semakin canggih dengan berbagai macam algoritmanya.
Cara terbaik untuk melakukan Backlink Builder ini adalah dengan cara sharing artikel ke berbagai situs social bookmark atau ke berbagai forum sosial, semacam Google Plus, Facebook, Twitter dan forum-forum lainnya yang banyak terdapat di dunia internet dewasa ini. Satu hal yang patut dan wajib menjadi perhatian adalah sebaiknya kita mencari situs-situs forum sosial yang memang berkualitas serta telah memiliki peringkat yang jelas di mata search engine, semata-mata agar backlink yang kita dapatkan menjadi lebih berkualitas.
Sebagai bagian akhir dari tulisan ini, berikut ini aku bagikan pula beberapa link forum-forum sosial yang dapat kita pergunakan untuk mencari backlink, yaitu : http://www.freehostforum.com (PR3) ; http://www.webmasterforums.com (PR4) ; http://forum.kompas.com (PR5) ; http://www.freewebsitetemplates.com/forum (PR5) ; http://antionline.com (PR5) ; http://forum.whatismyip.com (PR6) ; http://www.fckeditor.com/forums (PR7) dan selebihnya silahkan anda browsing sendiri.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat .... salam sukses selalu

    ReplyDelete

==> Berkomentarlah secara santun dan tidak OOT
==> Jangan meletakkan link aktif ataupun spam
==> Komentar jangan mengandung unsur SARA atau pornografi
==> Jangan promosi produk atau menggunakan modus Anonim

 
Toggle Footer