Breaking News
Loading...
Wednesday 2 January 2013

BEBERAPA PERMASALAHAN DALAM MEMBANGUN SEBUAH BLOG

04:17
Mojo BlogMOJO BLOG. Membangun sebuah blog yang baik dan berkualitas serta mampu bersaing dalam hasil pencarian search engine (SERP) ternyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. Membangun sebuah blog dengan tujuan tersebut di atas membutuhkan keahlian serta keseriusan tersendiri dari pemiliknya. Blog yang mampu bersaing membutuhkan beberapa pondasi penting untuk mempertahankan eksistensinya di dunia blogging, pondasi tersebut berkaitan dengan pemilihan serta pemakaian template yang sesuai (valid); proses optimasi blog (template, postingan maupun gambar-gambar postingan sampai kepada mencari backlink) harus dilaksanakan dengan cermat dan seksama artinya dalam melakukan proses optimasi tidak dapat dilakukan secara sekedarnya atau seadanya dan yang terakhir sebuah blog yang ingin dapat bertahan dalam persaingan yang begitu ketat harus mampu memanjakan pengunjung atau visitor (user friendly) dalam artian harus mampu menyediakan konten-konten yang berkualitas ( tidak mudah basi / out off date), harus mampu menampilkan disain blog yang teratur dan bagus (tidak acak-acakan); memiliki proses loading yang ringan serta harus mampu menyajikan fitur-fitur navigasi blog yang tidak menyesatkan.

Dari sisi mesin pencari (search engine), sebuah blog yang mampu bersaing adalah sebuah blog yang telah mengalami proses optimasi SEO onpage maupun SEO offpage secara maksimal, natural dan alami. Blog-blog yang dioptimasi dengan tergesa-gesa atau terburu-buru untuk meraih posisi puncak pasti secara lambat namun pasti akan hilang dari peredaran atau percaturan di dunia blogging. Blog yang dipotimasikan secara tergesa-gesa ini, biasanya mempraktekkan cara-cara black-hat-SEO yang walaupun disembunyikan sedemikian rupa, pasti akan terlihat oleh bot mesin pencari.

Setelah semua persiapan awal sebagaimana yang telah saya uraikan di atas benar-benar matang, maka barulah menyusun atau membentuk sebuah blog (yang tangguh), kemudian mendaftarkannya ke berbagai search engine (Google atau Yahoo), mengirim artikel-artikelnya ke berbagai social-media yang ada, mencari serta mengumpulkan backlink yang berkualitas dari berbagi situs atau blog dengan thema yang sama atau hampir mirip. Kesemuanya ini dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan dari search engine tentang kualitas (pagerank) dan popularitas (alexa-rank) sebuah blog yang kita bangun.

Selanjutnya, setelah kita berhasil meraih posisi yang bagus dalam SERP, untuk mempertahankan serta meningkatkannya, maka kita tetap harus selalu rajin untuk meng-update blog dengan menampilkan artikel-artikel (konten) terbaru atau sekedar membalas komentar-komentar yang masuk, berikutnya adalah selalu rutin dan konsisten untuk melakukan blogwalking ke berbagai situs/blog dengan meninggalkan komentar-komentar yang bermutu. Akan banyak mendukung bilamana kita dapat aktif pada beberapa forum social media dan beberapa situs jejaring sosial yang ada (google plus, facebook atau friendster).

Demikianlah uraian tentang beberapa permasalahan dalam membangun sebuah blog, semoga dapat menjadi bekal bagi para blogger pemula (semacam aku ini).

1 komentar:

==> Berkomentarlah secara santun dan tidak OOT
==> Jangan meletakkan link aktif ataupun spam
==> Komentar jangan mengandung unsur SARA atau pornografi
==> Jangan promosi produk atau menggunakan modus Anonim

 
Toggle Footer