Breaking News
Loading...
Tuesday 1 January 2013

TENTANG DAN SEPUTAR PENGERTIAN WEB / BLOG

20:53
Mojo BlogPada artikel pertama ini aku ingin mengupas hal yang mendasar bagi para blogger atau pemilik blog, baik yang masih belajar (seperti aku ini), maupun sekedar untuk refreshing bagi para blogger kawakan yang telah lama malang melintang di dunia blogging. Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud untuk menggurui, namun lebih kepada pemenuhan syarat pertama dalam membuat blog. Apalah jadinya sebuah blog bilamana di dalamnya tidak terkandung sebuah artikel yang mampu menjelaskan tentang apa sebenarnya web/blog tersebut.
Berikut ini sekedar coretan awal dari aku yang masih mencoba untuk berkiprah di dunia blogging sebagai blogger amatiran.

Menurut pengertian saya sendiri, sebuah web/blog pada dasarnya merupakan sebuah wadah di dunia maya yang memang tersedia untuk menampung aspirasi-aspirasi kita, baik yang berupa tulisan (artikel), penempatan iklan untuk mengais rejeki dan sebagai alat interaksi dengan masyarakat pengguna internet yang berharap untuk mendapatkan informasi tertentu.

Wah pengertiannya ini panjang juga ya, namun tak mengapa, yang penting anda mengerti maksud aku. Selanjutnya, bentuk sebuah blog tersebut dapat berupa wordpress, jomla, blogspot dan beberapa bentuk lainnya, yang memang telah disediakan oleh beberapa raksasa dunia maya, dalam kaitannya untuk mengakomodasi keinginan kita dalam hal aktualisasi diri.

Lebih jauh lagi, di dalam sebuah web/blog tentu mengandung beberapa aspek-aspek penting berikut ini, yaitu :

1. Template Blog (sebagai wadah utama)
Template Blog adalah sebuah disain tampilan halaman blog yang berisikan dokumen file model-model tambahan (dapat berupa postingan atau widget) yang dikodekan dalam suatu bahasa program. Dengan kata lain, template blog adalah merupakan suatu wadah atau tempat kita meletakkan disain blog berikut konten atau isi dari pada blog itu sendiri.

2. Artikel Blog (sebagai konten atau isi)
Artikel blog atau yang lebih populer dengan istilah konten blog adalah berupa tulisan-tulisan dari si pemilik blog (blogger/webmaster) yang dapat berupa pengetahuan umum, tips-trik, ungkapan perasaan atau hal-hal yang lainnya, yang pada dasarnya merupakan inti dari pada blog itu sendiri.

3. Widget Blog (sebagai fasilitas pendukung)
Widget blog ini pada dasarnya merupakan sebuah fitur-fitur tambahan atau fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam suatu blog yang dapat berupa suatu program, iklan atau informasi-informasi tertentu yang masih berkaitan dengan isi blog itu sendiri. Contoh beberapa widget standar yang selalu ada dalam sebuah blog adalah Indikator Alexa rank, Indikator Google page rank, Popular Post (artikel paling populer), daftar pengikut blog, model-model navigasi blog, Breaking News dan masih banyak yang lainnya.

4. Optimasi Blog (sebagai upaya untuk dikenal mesin pencari seperti Google)
Optimasi blog pada dasarnya adalah merupakan serangkaian tindakan atau upaya-upaya yang dilakukan oleh pemilik blog (blogger/webmaster) dalam rangka memperkenalkan blog yang dimilikinya sekaligus menempatkan blog nya itu ke dalam suatu urutan posisi elite (posisi teratas)  pada hasil pencarian search-engine semacam Google. Langkah-langkah optimasi ini bisa dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).

5. Backlink Blog (sebagai salah satu faktor yang menentukan kualitas)
Berkaitan dengan optimasi blog, backlink blog ini dapat diartikan sebagai suatu dukungan link dari berbagai blog/situs/website lain yang mengarah atau ditujukan kepada blog yang kita miliki atau yang mengarah kepada postingan-postingan blog. Backlink Blog ini biasa disebut juga dengan istilah SEO Offpage. Backlink Blog ini sangat penting artinya untuk mendukung keberadaan/eksistensi blog yang kita miliki agar dapat menempati posisi strategis pada hasil pencarian search-engine.

6. Pengunjung Blog (sebagai faktor eksternal yang menentukan eksistensi)
Sebagus apapun disain template web/blog yang kita sediakan, eksistensinya bergantung kepada jumlah pengunjung blog (visitor). Merekalah yang pada akhirnya nanti menentukan kredibilitas web/blog, baik berdasarkan indikato Google Pagerank maupun Alexarank.

7. Indikator Blog (sebagai alat ukur kesuksesan sebuah web/blog)
Indikator kesuksesan (kredibilitas) sebuah web/blog yang terkenal adalah Google Pagerank yang memberikan gambaran tentang kualitas konten blog dan Alexarank yang memberikan informasi tentang kuantitas blog (dalam artian popularitas).

Demikianlah artikel pertama ini aku tuliskan, semoga dapat menambah wawasan kita.

0 komentar:

Post a Comment

==> Berkomentarlah secara santun dan tidak OOT
==> Jangan meletakkan link aktif ataupun spam
==> Komentar jangan mengandung unsur SARA atau pornografi
==> Jangan promosi produk atau menggunakan modus Anonim

 
Toggle Footer