Breaking News
Loading...
Thursday 16 April 2015

Modifikasi keren template blogger blog

10:15
Majalah Blog kali ini akan berkisah tentang pengalaman modifikasi keren template blogger blog yang dilakukan dalam rangka mengakomodasi berlakunya algoritma Google MobileGeddon sejak tanggal 21 April 2015 kemarin. Salah satu syarat perankingan yang akan dilakukan pihak Google adalah Mobile Friendly yang artinya blog harus mudah diakses dengan perangkat mobile atau seluler. Dengan demikian Responsive Template menjadi satu-satunya pilihan untuk mengatasi berlakunya algoritma tersebut.

Majalah Blog

Sekedar tambahan pengetahuan, Responsive Template adalah sebuah template blog yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran layar yang dipergunakan untuk mengakses blog tersebut. Responsive Template ini akan dengan mudah menyesuaikan diri sesuai ukuran layar monitor komputer desktop, laptop dengan berbagai macam ukuran layarnya, notebook, iPad sampai dengan ukuran layar perangkat smartphone atau perangkat seluler yang saat ini sudah semakin banyak penggunanya.

Demikian juga Majalah Blog dalam hal ini juga mempergunakan Responsive Template gratisan yang di download dari internet. Selanjutnya aku melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap template tersebut agar lebih SEO Friendly. Karena, bagi diriku, pemakaian Responsive Template saja belumlah cukup untuk bisa meraih posisi yang bagus pada hasil SERP, atau menempati halaman pertama dari hasil pencarian mesin telusur. Artinya begini, percuma saja kita menggunakan Responsive Template bilamana blog yang kita miliki hanya mampu bertengger di halaman 10 hasil pencarian. Kenyataan ini tentu saja tidak akan mampu untuk mendatangkan visitor dalam jumlah yang cukup, karena biasanya para pengunjung blog hanya akan  mengunjungi blog-blog yang ada pada daftar halaman pertama search engine. Nah, dalam hal ini yang namanya SEO OnPage maupun SEO OffPage tetap saja pegang peranan penting.

Dalam rangka memaksimalkan SEO OnPage itulah, maka aku melakukan beberapa modifikasi penting, yang pertama adalah sedapat mungkin memperbaiki struktur meta tag yang ada pada template blog. Kedua memperbaiki struktur widget Popular Post agar lebih SEO Friendly. Berikutnya adalah memasang script untuk mempercepat proses loading blog agar tidak menjadi berat saat diakses dengan mempergunakan perangkat seluler. Hal ini menjadi penting, karena blog yang membutuhkan waktu lama saat diakses pasti akan ditinggalkan oleh calon pengunjung, dan mereka akan beralih mencari blogi-blog yang lebih ringan aksesnya.

Kiranya cukup sampai di sini dulu uraian aku tentang modifikasi keren template blogger blog, pada kesempatan yang lain akan aku bahas satu persatu proses modifikasi yang aku lakukan tersebut.

3 komentar:

  1. Wah keren modifikasinya gan......, mantap, sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Mantap gan, dilanjut terus dan semoga sukses, ditunggu artikel-artikel apik lainnya

    ReplyDelete

==> Berkomentarlah secara santun dan tidak OOT
==> Jangan meletakkan link aktif ataupun spam
==> Komentar jangan mengandung unsur SARA atau pornografi
==> Jangan promosi produk atau menggunakan modus Anonim

 
Toggle Footer